Tanda Tanda Tubuh Berolahraga Berlebihan

Tanda Tanda Tubuh Berolahraga Berlebihan

salutemondiale.web.id Terkadang ketika tubuh kita mendapatkan force terlalu besar hingga tidak kuat menahan beratnya aktifitas atletik bisa mempengaruhi tubuh hingga bisa mengeluarkan reaksi reaksi yang kentara. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang berkaitan tentang pembahasan mengenai Tanda Tanda Tubuh Berolahraga Berlebihan Berikut ini akan kami berikan beberapa ulasan dan pembahasan yang berkaitan mengenai Tanda Tanda Tubuh Berolahraga Berlebihan

Rasa Lelah Berkepanjangan
Wajar apabila tubuh akan merasa lelah setelah kamu berolahraga. Namun, kondisi ini menjadi tidak wajar apabila kamu merasa lelah sepanjang hari, bahkan hingga keesokan harinya. Rasa lelah berkepanjangan yang kamu rasakan ini disebabkan karena kamu sudah berolahraga dalam intensitas yang melebihi kemampuan tubuh kamu.Meski berolahraga itu baik untuk tubuh, tetap saja kamu tidak boleh melakukannya secara berlebihan. Berikan jeda untuk tubuh beristirahat dan memulihkan tenaga. Terlalu berlebihan saat berolahraga akan membuat otot kamu menegang dan menyebabkan nyeri sendi.

Suasana Hati yang Tidak Menentu
Tak hanya rasa lelah berkepanjangan, tanda tubuh berolahraga berlebihan juga terlihat dari perubahan suasana hati yang tidak menentu. Mengapa demikian? Saat berolahraga, akan terjadi produksi hormon untuk menjaga kestabilan kinerja tubuh. Namun, ketika olahraga yang kamu lakukan sudah melewati kapasitas, tubuh akan memproduksi hormon stres dalam jumlah yang berlebih.Akibatnya, kamu akan menjadi lebih mudah stres, depresi, marah, bingung, hingga cemas berlebihan. Kamu pun akan kehilangan semangat karena terlalu letih dan selalu ingin beristirahat.

Susah Tidur
Rasa cemas dan tidak tenang yang berlebihan karena olahraga yang kamu lakukan dalam intensitas yang tinggi membuat kamu juga mengalami susah tidur. Terlebih lagi dengan kondisi tubuh kamu yang kelewat lelah. Dalam jangka waktu yang lama, kondisi ini justru akan membuat daya tahan tubuh kamu menurun, sehingga kamu akan lebih rentan terserang penyakit.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Lelah Setelah Kerja

Menurunnya Ketertarikan dalam Berlatih
Ahli kebugaran lain asal Los Angeles, Jini Cicero, mengungkapkan bahwa menurunnya ketertarikan dalam latihan juga bisa menjadi alasan bahwa tubuh telah berolahraga dalam batas maksimal. Kamu akan kehilangan semangat dan motivasi dalam berolahraga pada kesempatan selanjutnya, karena tubuh masih melakukan recovery akibat intensitas olahraga yang terlalu tinggi.

Meningkatnya Denyut Jantung Meski Sedang Beristirahat
Jantung akan bekerja lebih keras dalam memompa darah ketika kamu berolahraga. Namun, saat kamu berlebihan dalam melakukannya, otomatis kerja jantung pun akan menjadi lebih berat. Akibatnya, detak jantung tetap akan meningkat meski tubuh kamu berada dalam kondisi istirahat. Coba hitunglah denyut jantung kamu selama satu menit. Apabila jumlah denyut jantung kamu mencapai lebih dari 65 detak per menit, artinya tubuh kamu sedang kelelahan dan stres.

Related posts