Manfaat Kondom Bagi Kesehatan

Manfaat Kondom Bagi Kesehatan

salutemondiale.web.id Kehidupan seks yang sehat sangat diperlukan bagi mereka yang sudah berumur kepala dua lebih,tapi untuk meminimalisir penyakit,penggunaan kondom digunakan.Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang berkaitan tentang pembahasan mengenai Manfaat Kondom Bagi Kesehatan Berikut ini akan kami berikan beberapa ulasan dan pembahasan yang berkaitan mengenai Manfaat Kondom Bagi Kesehatan

Penggunaan kondom saat berhubugan intim sangat disarankan. Terlepas dari selera dan preferensi, nyatanya pemakaian kondom sangat berdampak baik bagi kesehatan. Meski begitu, sebagian laki-laki masih enggan menggunakan kondom karena diyakini bisa mengurangi kenikmatan.

Selain itu, sebagian orang merasa repot memakainya. Sementara masih banyak wanita yang masih malu-malu meminta pasangannya memakai kondom. Agar kamu mengerti betapa pentingnya menggunakan kondom saat berhubungan intim, berikut ini 7 manfaatnya bagi kesehatan.

Mencegah Kehamilan yang Tidak Diinginkan
Jika dipasang dengan tepat, penggunaan kondom setidaknya dapat mengurangi risiko kehamilan hingga 98 persen. Ini artinya, hanya 2 dari 100 orang yang mungkin hamil setelah berhubungan intim menggunakan kondom. Namun jika pemasangan kurang sempurna, efektivitasnya turun menjadi 85 persen.

Kondom, bahkan dapat membantu metode KB lainnya untuk bekerja lebih efektif. Tidak ada metode yang 100 persen efektif untuk mencegah kehamilan. Jadi, menambahkan kondom merupakan ide yang baik untuk memberi perlindungan ekstra. Kamu bisa menambahkan kondom untuk hampir semua metode kontrasepsi lainnya, seperti pil KB, suntikm cincin, IUD, dan implan.

Mencegah Penularan HIV
Virus HIV dapat mudah menyebar melalui hubungan seks tanpa kondom karena penularannya melalui kelamin. Menggunakan kondom dapat mencegah kamu menyebarkan atau mendapatkan virus ini.

Memperpanjang Durasi Berhubungan Intim
Perlindungan itu penting, tapi kepuasan juga tidak kalah penting. Menurut penelitian, kondom ternyata dapat membantu meningkatkan kualitas kehidupan seks kamu dan pasangan dengan memperpanjang durasi hubungan intim, lho.

Kondom memiliki banyak model, bentuk. dan tekstur yang bervariasi yang dapat meningkatkan sensasi seks bagi kedua pasangan. Dan meminta pasangan memasang kondom pada Mr.P-nya bisa menjadi bagian yang seksi dari foreplay, terutama bila kamu juga menambahkan pelumas. Kondom, bahkan dapat menunda ejakulasi (cumming), sehingga hubungan seks berlangsung lebih lama.Kamu dapat menggunakan kondom untuk seks oral, anal, dan vaginal. Manfaat kondom dapat membuat kamu fokus pada kesenangan dan kepuasan berhubungan intim dengan pasangan tanpa khawatir tentang kehamilan atau penyakit menular seksual (PMS).

Menjaga Ereksi
Kondom juga bermanfaat bagi pria yang mengalami kesulitan ereksi atau disfungsi ereksi. Dengan menggunakan kondom, ereksi bisa lebih lama dipertahankan.

Mencegah Cedera
Banyaknya pelumas pada kondom membuat risiko cedera saat berhubungan intim menjadi sangat rendah.

Baca Juga : Hadapi Virus Dari Dasar Penggunaan Masker

Higienis
Salah satu alasan mengapa hubungan intim perlu menggunakan kondom adalah lebih sehat dan higienis. Manfaat penggunaan kondom membuat hubungan intim menjadi lebih bersih dan lebih aman.

Selain itu, menggunakan kondom berarti mencegah penularan PMS, seperti gonore, trichomoniasis, herpes, sifilis, dan lainnya.

Harganya Terjangkau dan Mudah Didapatkan
Kamu bisa mendapatkan kondom dengan sangat mudah di berbagai toko, online, dan di pusat kesehatan. Selain itu, harganya pun tidak mahal dan bisa didapatkan tanpa menggunakan resep atau identitas diri. Jadi, bisa dibilang kondom adalah alat perlindungan yang praktis dan terjangkau, tetapi dapat memberikan perlindungan besar bagi kamu dari kehamilan dan PMS.

Selain untuk mencegah penularan HIV dan penyakit kelamin, kondom kerap digunakan untuk mencegah terjadinya ‘kebobolan’ atau kehamilan yang belum dirasa tepat waktunya. Untuk itulah Moms dan suami mungkin memiliki kondom sebagai bentuk antisipasi akan hal tersebut.Meski risiko keamananya terbilang cukup menjanjikan, namun tetap ada beberapa hal yang dapat membuat Moms keboboloan. Di antaranya adalah sejumlah kesalahan saat menggunakan kondom berikut:

Tips Efektif Menggunakan Kondom
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, manfaat kondom di atas baru bisa didapatkan secara optimal bila kamu menggunakan kondom dengan tepat. Karena itu, perhatikan tips penggunaan kondom berikut ini untuk perlindungan yang efektif:

Pastikan kamu atau pasangan menggunakan kondom dengan benar, sesuai dengan petunuk pemakaian pada kemasan.Jangan pernah menggunakan kembali kondom yang sudah pernah digunakan.Jangan menggunakan kondom pria dan wanita secara bersamaan. Hal ini dapat merusak kondom dan mengurangi efektivitasnya.Jangan menggunakan pelumas berbasis minyak dan obat-obatan dengan kondom lateks.

1. Kurang memperhatikan kerusakan kondom
Pemeriksaan terhadap kondisi kondom merupakan hal yang penting, karena biasanya sering terjadi kerusakan yang dapat menimbulkan kebocoran. Kebocoran tersebutlah yang menjadikan penggunaan kondom tidak efektif. Kerusakan tersebut kerap terjadi saat membuka kemasan kondom.

2. Salah penyimpanan
Tahukah Moms, ternyata kondom perlu disimpan di tempat yang sejuk dan kering, lho. kesalahan dalam menyimpan kondom dapat menyebabkan kondom rusak dan berkurang efektivitasnya.

3. Terlalu cepat melepas kondom
Setelah selesai melakukan hubungan seksual, banyak yang langsung melepas kondom. Padahal seharusnya kondom tersebut dilepas ketika sudah benar-benar selesai, apabila kondom dilepas terlalu buru-buru, sama saja dengan Moms melakukan hubungan seksual tanpa kondom.

4. Penggunaan kondom yang sama
Terkadang, para pria kerap menggunakan kondom yang sama lebih dari satu kali. Padahal seharusnya kondom hanya dipakai satu kali saja. Kondom yang digunakan lebih dari satu kali dapat meningkatkan risiko kehamilan yang tidak diinginkan. Penggunaan kondom yang sama secara berulang juga dapat mengurangi efektifitasnya.

5. Gagal menghilangkan udara pada ujung kondom
Ketika menggunakan kondom, pastikan suami Moms untuk menghilangkan udara di ujung kondom sehingga sperma dapat tertampung dengan baik. Bila tidak, maka kondom mungkin saja rusak selama ejakulasi.

6. Memilih kondom dengan aroma atau rasa
Sebagian besar pria mungkin memilih kondom dengan aroma atau rasa guna memberikan sensasi yang berbeda. Namun penelitian menunjukan, penggunaan kondom dengan rasa atau aroma dapat menimbulkan risiko tersendiri.

Di mana kondom tersebut mengandung gula yang dapat menyebabkan infeksi. Meskipun vagina memiliki kemampuan untuk mempertahankan diri dari bakteri, namun bahan kimia asing dapat menyebabkan risiko serius.

7. Terbalik menggunakan kondom
Bila suami Moms terbalik memakai kondom atau bahkan memakainya di dua sisi dengan pemakaian berulang. Hal ini sama saja dengan tidak menggunakan kondom karena tetap dapat menyebabkan kehamilan.

8. Salah membuka kemasan
Jangan sesekali membuka kondom dengan kuku, gigi, dan benda tajam lainnya, karena hal ini dapat memperbesar kemungkinan kondom tersebut bocor.

9. Komplikasi pelumas
Kebanyakan kondom menggunakan pelumas berbahan dasar minyak dengan kondom lateks. Pelumas dengan bahan dasar tersebut justru akan melemahkan lateks, yang dapat membuat kondom rentan terhadap kerusakan.