Makanan yang Mendukung Kesehatan Kantung Empedu

Makanan yang Mendukung Kesehatan Kantung Empedu – Beberapa artikel yang akan kami berikan adalah artikel yang kami rangkum dari sumber terpercaya, berikut ini merupakan artikel yang membahas mengenai makanan yang mendukung kesehatan kantung empedu.

Makanan yang Mendukung Kesehatan Kantung Empedu

Kantung empedu ialah organ berukuran kecil berbentuk buah pir yang terletak tepat di bawah lever. Kantung empedu berfungsi mengumpulkan dan menyimpan empedu dari lever. Masalah yang dapat memengaruhi kantung empedu biasanya berupa batu empedu dan kanker, tetapi pilihan makanan dapat membantu mencegah masalah tersebut.
Diet kantung empedu bertujuan untuk mengurangi stres pada kantung empedu, baik dengan melancarkan pencernaan atau dengan menopang kantung empedu.

1. Alpukat

Alpukat adalah superfood yang tinggi akan kandungan lemak sehat serta kalium. Kalium merupakan nutrisi yang penting untuk keseimbangan cairan dan elektrolit yang membuat kamu tetapttetap
Sebagian orang mengalami dehidrasi kronis yang bisa memicu batu empedu. Batu empedu sendiri terbentuk ketika empedu menjadi terlalu kental. Oleh karena itu, asupan air yang cukup penting untuk membantu menjaga konsistensi empedu dan mencegah pembentukan batu empedu.

2. Jeruk

Makanan sumber vitamin C, seperti buah jeruk adalah makanan yang bagus untuk menjaga kesehatan empedu. Vitamin C mungkin juga memiliki efek pencegahan terhadap batu empedu.
Sebuah tinjauan di World Journal of Gastroenterology mencatat bahwa beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen vitamin C dapat mengurangi risiko batu empedu hampir setengahnya.

3. Biji rami

Biji rami mengandung banyak serat yang penting untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan sekaligus menawarkan lemak sehat yang dibutuhkan dalam diet kantung empedu. Tambahkan biji rami yang telah digiling ke dalam smoothie, sereal sarapan, dan jus untuk meningkatkan asupan serat.
Bonusnya, kamu juga bisa mendapatkan lemak sehat yang ramah kantung empedu dalam bentuk omega 3 nabati.

4. Kopi

Konsumsi kopi dalam jumlah moderat dapat membantu melindungi fungsi kantung empedu.
Penelitian dalam Nigerian Journal of Surgery menunjukkan bahwa zat dalam kopi mungkin memiliki berbagai manfaat untuk fungsi empedu. Manfaat ini termasuk menyeimbangkan bahan kimia tertentu, merangsang kerja kantung empedu, dan mendukung aktivitas usus.

5. Sauerkraut

Banyak ahli kesehatan yang menjelaskan tentang pentingnya menjaga keseimbangan bakteri usus. Ketidakseimbangan bakteri dalam usus dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, salah satunya mempengaruhi kantung empedu.
Menjaga keseimbangan usus akan mengurangi kebutuhan empedu dan mengurangi tekanan dari kantung empedu. Makanan sumber probiotik, seperti miso, sauerkraut, kombucha, dan tepache dapat membantu memulihkan keseimbangan bakteri usus dan berperan dalam diet kantung empedu yang sehat.
Selain dengan diet sehat, ada beberapa langkah lain yang diperlukan untuk mejaga kesehatan empedu, seperti manajemen berat badan, hindari penurunan berat badan yang ekstrem dan cepat, hindari alergen, dan jauhi rokok.