Hadapi Virus Dari Dasar Penggunaan Masker

Hadapi Virus Dari Dasar Penggunaan Masker

salutemondiale.web.id Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang berkaitan tentang pembahasan mengenai Hadapi Virus Dari Dasar Penggunaan Masker Berikut ini akan kami berikan beberapa ulasan dan pembahasan yang berkaitan mengenai Hadapi Virus Dari Dasar Penggunaan Masker

Virus corona jenis baru, Novel coronavirus (2019-nCoV) yang muncul di Tiongkok masih terus menjadi perhatian masyarakat global. Menurut otoritas Tiongkok, sampai 28 Januari 2020, lebih dari 4.515 orang terjangkit infeksi novel coronavirus. Dari angka-angka tersebut, setidaknya 106 tewas akibat pneumonia berat yang disebabkan virus corona tersebut.Di balik ganasnya serangan virus corona jenis 2019-nCoV, akhirnya ada kabar baik yang muncul ke permukaan. Seperti pemberitaan di berbagai media massa internasional maupun nasional, terdapat ratusan korban virus corona pulih dari infeksi tersebut.

Pertanyaannya, bagaimana sih cara mencegah serangan virus corona yang misterius ini? Menurut ahli di Medicine National Institutes of Health – Medlineplus, ada berbagai cara yang bisa kita lakukan. Mulai dari mencuci tangan hingga bersih, hindari kontak dengan orang sakit, hingga hindari menyentuh unggas atau hewan liar.Selain itu, jangan pula lupakan pentingnya peran masker yang dinilai bisa meminimalkan risiko terjangkit virus ini.Nah, berikut beberapa jenis masker beserta manfaat dan cara menggunakannya.

1. Masker Bedah
Banyak orang menggunakan masker bedah sebagai masker antipolusi. Padahal, masker bedah memiliki lapisan penyaring yang lebih sedikit ketimbang simple mask (masker polusi).Sebenarnya, maker bedah ini berfungsi untuk menghambat penyebaran infeksi, bukan penyaring udara. Oleh sebab itu, ketika berada di luar ruangan dan menggunakannya sebagai masker antipolusi, tentu tak seefektif respirator atau simple mask.

Masker bedah ini bisa membantu memblokir butiran partikel besar dan percikan dari mulut dan hidung pemakai. Selain itu, masker ini juga bisa mengurangi paparan air liur dan sekresi pernapasan dari pemakai ke orang lain. Lalu, bagaimana cara menggunakan masker ini?Simpel kok caranya. Pertama, pasang masker menutupi hidung dan mulut, lalu kaitkan tali ke telinga. Kemudian, tarik bagian bawah masker sampai menutupi bawah dagu. Selanjutnya, tekan bagian atas masker pada bagian hidung, sehingga rapat dan nyaman dipakai.

Masker Respirator (N95)
Masker respirator merupakan masker yang dibuat khusus untuk pernapasan. Masker ini juga disebut sebagai masker N95. Masker ini berbeda dengan kedua masker bedah. Meski sama-sama didesain untuk mencegah penyebaran virus atau bakteri, N95 dirancang secara pas menutupi wajah.Tak cuma itu, masker ini juga dilengkapi dengan alat yang efisien untuk menyaring partikel berbahaya, bahkan dengan ukuran kecil sekalipun.Kode N95 menunjukkan masker ini bisa menyaring partikel PM 2.5 (Particulate matter) hingga 95 persen. Nah, inilah sebabnya masker ini sering diandalkan untuk mereka yang bekerja meneliti di sekitar zat berbahaya atau saat menangani asap akibat kebakaran hutan.

Baca Juga: Gerakan Yoga Aman Untuk Bumil

Lalu, bagaimana cara penggunaan masker ini?
Langkah pertama letakkan masker di satu tangan, lalu tempelkan di atas mulut dan hidung dengan bagian depan di telapak tangan. Pastikan tepat di hidung dan mulut serta bagian bawah harus berada di bawah dagu.

Lalu, pastikan hanya menyentuh bagian luar dan tepi masker agar tetap bersih. Setelah itu, tarik tali bagian bawah dan atas melewati kepala. Tali bagian bawah harus disesuaikan dengan leher dan tepat di bawah telinga. Setelah itu, tarik tali bagian atas dan letakkan di atas telinga. Jika masker memiliki nosepiece, rekatkan di bagian jembatan hidungmu.Sebenarnya penggunaan masker N95 dalam jangka waktu yang lama, lebih dianjurkan daripada penggunaan yang berulang-ulang (reuse). Sebab, penggunaan yang lama melibatkan sentuhan respirator yang lebih sedikit, sehingga risiko penularan kontak lebih sedikit.Meski terlihat lebih unggul dari masker bedah, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan saat hendak menggunakan masker N95.

Misalnya:Masker N95 tidak dirancang untuk anak-anak atau mereka yang memiliki rambut pada wajah, karena tidak bisa menutupi wajah secara sempurna.Untuk mencegah penularan virus atau bakteri, masker N95 tak boleh dipakai bergantian dengan orang lain.Pengidap masalah pernapasan kronis, jantung, atau konis medis lain yang menyulitkan bernapas, perlu berdiskusi dengan dokter sebelum menggunakan masker N95.Bila masker N95 sudah kotor, rusak, atau membuat sulit bernapas, segera ganti dengan yang baru.

Gerakan Yoga Aman Untuk Bumil

Gerakan Yoga Aman Untuk Bumil

salutemondiale.web.id Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang berkaitan tentang pembahasan mengenai Gerakan Yoga Aman Untuk Bumil. Berikut ini akan kami berikan beberapa ulasan dan pembahasan yang berkaitan mengenai Gerakan Yoga Aman Untuk Bumil

Kenali Perubahan Tubuh saat Trimester Pertama

Selama tiga bulan pertama kehamilan, banyak yang mengira bahwa tubuh tidak melakukan banyak hal karena tidak banyak perubahan dari luar. Faktanya, selama periode ini tubuh melakukan banyak hal penting dan sering melelahkan tubuh untuk menciptakan lingkungan yang optimal bagi bayi untuk tumbuh. Hormon berubah secara drastis (terutama progesteron dan estrogen). Volume darah meningkat secara signifikan dan tekanan darah berkurang sehingga jantung dapat memompa cairan ekstra dari peningkatan volume darah. Jaringan otot akan rileks dan persendian menjadi kendur akibat hormon relaxin untuk memungkinkan rahim meregang. Semua aktivitas fisik internal ini membuat wanita kelelahan selama trimester pertamanya meskipun tidak banyak yang terlihat di luar.Janin sedang bertumbuh pesat selama trimester pertama, sehingga harus berhati-hati karena risiko keguguran paling tinggi terjadi selama masa ini. Latihan dengan gerakan yoga yang lebih lembut seperti kelas pemulihan atau aliran yang lembut sangat direkomendasikan.

Panduan Gerakan Yoga yang Aman untuk Trimester Pertama

  • Ini panduan umum untuk berlatih yoga yang aman selama trimester pertama, melalui pose berikut:
  • Pose berdiri dasar bagus selama trimester pertama seperti the warrior poses, crescent lunge, dan side angle pose;
  • Posisi berdiri yang seimbang juga aman selama trimester pertama. Tekanan darah rendah sehingga mudah untuk merasa pusing selama masa ini. Saat mempraktikkan pose menyeimbangkan berdiri, lakukan di dekat dinding gunakan alat penyangga di dekatnya untuk bersandar jika diperlukan. Contoh bagus dari pose menyeimbangkan berdiri adalah pose pohon dan pose elang;
  • Pose open seated twists juga terasa nyaman selama trimester pertama karena gerakan ini meringankan sakit punggung dan tekanan serta kram;
  • Gerakan membuka pinggul (duduk dan berdiri) dapat menciptakan ruang dan fleksibilitas yang dibutuhkan mengembalikan tenaga;
  • Pose perut yang lembut seperti cat-cow, ekstensi lengan dan kaki yang berlawanan, side plank yang dimodifikasi, dan full atau modified plank cocok dilakukan selama trimester pertama. Ikuti petunjuk dari instruktur yoga kehamilan, serta bimbingan dari dokter selama melakukan gerakan yang memengaruhi perut;
  • Peregangan punggung juga aman selama mereka tidak membungkuk ke belakang.

Baca Juga : Manfaat Yoga Untuk Awet Muda

Sementara itu, terdapat pose yang harus dihindari selama trimester pertama, antara lain:

  • Standing twist harus dihindari karena tekanan yang mereka berikan pada rongga perut;
  • Jangan melakukan peregangan berlebihan dalam pose apa pun karena persendian begitu longgar dan mudah terjadi dislokasi sendi selama masa rapuh ini;
  • Hindari gerakan pada perut yang intens (seperti pose kapal) karena tekanan yang diletakkan pada rongga perut dan berpotensi memengaruhi uterus;
  • Hindari membungkuk ke belakang karena ini terlalu meregangkan perut.

Itulah yang harus dilakukan untuk melakukan gerakan yoga yang aman saat trimester pertama. Ingat, olahraga memang penting saat masa kehamilan, namun utamakan kesehatan dan kondisi janin di kandungan.

Manfaat Yoga Untuk Awet Muda

Manfaat Yoga Untuk Awet Muda

salutemondiale.web.id Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang berkaitan tentang pembahasan mengenai Manfaat Yoga Untuk Awet Muda. Berikut ini akan kami berikan beberapa ulasan dan pembahasan yang berkaitan mengenai Manfaat Yoga Untuk Awet Muda

1.Membuat Awet Muda
Mau tahu manfaat yoga yang sangat istimewa? Ternyata, olahraga ini bisa membuat pegiatnya awet muda, termasuk wanita. Dalam buku Mitos dan Fakta Olahraga & Yoga, ada tiga asana (olahpostur) yang mampu melawan proses penuaan dan membuat kamu jadi awet muda dengan yoga. Namun, syaratnya kamu harus melakukan posenya dengan benar. Salah satu olahposturnya bernama Sirsasana.Pose ini paling penting dalam asana yoga. Lalu, apa hubungannya pose ini dengan awet muda? Ternyata, Sirsasana bisa memberi suplai darah segar kaya oksigen ke otak. Menurut ahli yoga, otak yang sehat bisa membuat seluruh fungsi tubuh terjaga dengan prima. Manfaatnya tidak hanya baik bagi fisik saja, tetapi juga psikis.

Menariknya lagi, pose ini juga baik untuk wajah. Sebab, pose ini bisa membuat otot wajah mengalami sensasi dari gravitasi, sehingga tidak akan mudah mengendur. Kata ahli yoga, kamu sebaiknya melakukan pose ini minimal 5-10 menit per hari.Dalam Mitos dan Fakta Olahraga & Yoga, ada sebuah penelitian mengenai yoga yang menarik untuk diketahui. Penelitian itu dilakukan terhadap ahli yoga yang berusia 80-an tahun, yang telah berlatih yoga selama puluhan tahun. Nah, setelah diteliti, secara fisiologis memperlihatkan elastisitas kulit, kerja paru-paru, jantung, dan pencernaannya masih seperti orang yang berusia 20-an tahun. Menarik, bukan?

2.Sarana Relaksasi
Biasanya olahraga juga diiringi dengan musim bertempo lambat yang membuat pikiran semakin tenang. Di samping itu, gerakan-gerakan yoga bersifat meregangkan otot-otot yang kaku. Nah, kedua hal inilah yang bisa merelaksasi tubuh dan pikiran.Sejumlah riset telah membuktikan bahwa yoga dapat mengurangi tingkat stres seseorang. Berlatih yoga juga mampu memperbaiki mood, terlebih di beberapa hari menjelang menstruasi yang terkadang membuat wanita lebih sensitif dari biasanya.

Baca Juga: Simpel Kecilkan Perut Sebelum Tidur

3.Memperbaiki Postur Tubuh
Sebagian besar gerakan yoga melibatkan kekuatan otot yang membuatnya jauh lebih aktif. Jika rutin berlatih, otomatis postur tubuh akan tebentuk lebih ideal dengan sendirinya. Nah, postur tubuh yang bisa meningkatkan rasa percaya diri wanita.Tak hanya itu saja, yoga juga membantu tubuh menjadi lebih peka. Misalnya, ketika dirimu duduk dalam postru membungkuk, secara spontan atau tidak sadar, tubuh akan segera merubah ke posisi yang benar.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur
Pasca berlatih yoga, semua bagian otot yang tadinya kaku akan perlahan meregang. Peregangan inilah yang membuat tubuh kamu menjadi lebih rileks untuk beristirahat. Tak hanya itu, pikiran yang tenang setelah melakukan olahraga yoga juga akan memperbaiki kualitas tidur kamu di malam hari. Manfaat yoga bagi wanita yang ini tentu sangat penting, apalagi bagi mereka yang sering mengalami kesulitan tidur.

5. Tingkatkan Gairah Hubungan Intim
Bagi yang sudah menikah, yoga juga mampu meningkatkan performa berhubungan intim dengan pasangan. Dalam buku Natural Sex Boosters dikatakan, adanya peningkatan peredaran darah di berbagai bagian tubuh karena beryoga, termasuk daerah pinggang ke bawah, merupakan alasan utama di balik meningkatnya gairah berhubungan intim.

Simpel Kecilkan Perut Sebelum Tidur

Simpel Kecilkan Perut Sebelum Tidur

salutemondiale.web.id Bentuk tubuh yang proporsional adalah yang diinginkan hampir semua orang yang ada,namun begitu banyak tantangan yang harus dilewati,mulai dari pengecilan perut dan lain lain. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang berkaitan tentang pembahasan mengenai Simpel Kecilkan Perut Sebelum Tidur. Berikut ini akan kami berikan beberapa ulasan dan pembahasan yang berkaitan mengenai Simpel Kecilkan Perut Sebelum Tidur

Rutinitas dan Kebiasaan Memengaruhi Pola Tidur
Selain protein, setiap makanan yang mengandung triptofan, termasuk kacang-kacangan, ayam, ikan, lentil, dan telur, dapat memicu kantuk. Selain mengonsumsi makanan tertentu, teh chamomile, peppermint, lavender, dan valerian, juga memberikan efek relaksasi yang membantu melelapkan tidur.Kemudian, aturan lain yang sejatinya dapat membantu kamu mengecilkan lingkar perut dalam kaitannya dengan rutinitas tertentu adalah tidak makan di atas jam 8 malam. Biasanya menjelang malam aktvitas berkurang jadi tidak akan ada lagi pembakaran kalori. Ini membuat makanan yang kamu konsumsi hanya akan menumpuk menjadi lemak.

Lalu, tidur dengan kondisi lampu tidak menyala dapat menurunkan risiko peningkatan berat badan. Pasalnya, hormon melatonin yang berfungsi untuk menstabilkan kerja metabolisme tubuh dapat bekerja lebih maksimal saat kondisi gelap.Posisi tidur juga dapat memengaruhi sistem metabolisme tubuh. Para ahli kesehatan menyarankan untuk tidur miring dengan posisi menghadap ke kiri untuk melindungi jantung, melancarkan pergerakan pada sistem pencernaan, dan mencegah asam lambung naik yang bikin perut kembung.Sulit tidur yang pada akhirnya membuat seseorang ngemil kerap dialami mereka yang stres. Cobalah untuk melakukan meditasi ringan selama 3-5 menit untuk meredakan stres.

Baca Juga : Tanda Tanda Tubuh Berolahraga Berlebihan

Menjadwalkan Olahraga Ringan Sebelum Tidur
Tidak ada jalan lain untuk mengecilkan perut dan menghindari lemak menumpuk selain dengan berolahraga. Kalau kamu termasuk tipe yang males untuk olahraga, tetapi menolak buncit, cobalah untuk melakukan sit up sebanyak 20 kali yang kemudian ditambah jumlahnya secara berkala.Selain sit up, kamu juga bisa mencoba plank. Sebelum berbaring, cobalah untuk plank di lantai 1–2 menit. Kalau kuat, ulangi sampai dua kali dan kuantitasnya ditambah secara berkala. Biasanya tubuh akan beradaptasi dengan latihan, jadi kamu butuh menambah durasi supaya efeknya lebih terasa.

Melatih pernapasan bisa jadi salah satu cara atau gerakan untuk mengecilkan perut. Kamu duduk bersila atau duduk bersimpuh dengan kedua tangan berpangku di paha. Posisi punggung tegak. tetapi bahu santai.Lalu, embuskan napas dari perut, tetapi jangan menarik napas dari hidung. Udara akan masuk dengan otomatis seiring kamu mengembuskan napas. Gerakan ini tidak hanya mengecilkan perut, tetapi juga membantu sirkulasi pernapasan lebih lancar.Sit up kaki juga bisa dilakukan untuk mengecilkan perut. Caranya adalah berbaring di lantai kemudian luruskan kaki dan angkat setinggi 90 derajat lalu turunkan. Lakukan gerakan ini 20-30 kali setiap malam. Gerakan ini tidak hanya mengecilkan perut sebelum tidur, tetapi juga mengencangkan paha.

Tanda Tanda Tubuh Berolahraga Berlebihan

Tanda Tanda Tubuh Berolahraga Berlebihan

salutemondiale.web.id Terkadang ketika tubuh kita mendapatkan force terlalu besar hingga tidak kuat menahan beratnya aktifitas atletik bisa mempengaruhi tubuh hingga bisa mengeluarkan reaksi reaksi yang kentara. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang berkaitan tentang pembahasan mengenai Tanda Tanda Tubuh Berolahraga Berlebihan Berikut ini akan kami berikan beberapa ulasan dan pembahasan yang berkaitan mengenai Tanda Tanda Tubuh Berolahraga Berlebihan

Rasa Lelah Berkepanjangan
Wajar apabila tubuh akan merasa lelah setelah kamu berolahraga. Namun, kondisi ini menjadi tidak wajar apabila kamu merasa lelah sepanjang hari, bahkan hingga keesokan harinya. Rasa lelah berkepanjangan yang kamu rasakan ini disebabkan karena kamu sudah berolahraga dalam intensitas yang melebihi kemampuan tubuh kamu.Meski berolahraga itu baik untuk tubuh, tetap saja kamu tidak boleh melakukannya secara berlebihan. Berikan jeda untuk tubuh beristirahat dan memulihkan tenaga. Terlalu berlebihan saat berolahraga akan membuat otot kamu menegang dan menyebabkan nyeri sendi.

Suasana Hati yang Tidak Menentu
Tak hanya rasa lelah berkepanjangan, tanda tubuh berolahraga berlebihan juga terlihat dari perubahan suasana hati yang tidak menentu. Mengapa demikian? Saat berolahraga, akan terjadi produksi hormon untuk menjaga kestabilan kinerja tubuh. Namun, ketika olahraga yang kamu lakukan sudah melewati kapasitas, tubuh akan memproduksi hormon stres dalam jumlah yang berlebih.Akibatnya, kamu akan menjadi lebih mudah stres, depresi, marah, bingung, hingga cemas berlebihan. Kamu pun akan kehilangan semangat karena terlalu letih dan selalu ingin beristirahat.

Susah Tidur
Rasa cemas dan tidak tenang yang berlebihan karena olahraga yang kamu lakukan dalam intensitas yang tinggi membuat kamu juga mengalami susah tidur. Terlebih lagi dengan kondisi tubuh kamu yang kelewat lelah. Dalam jangka waktu yang lama, kondisi ini justru akan membuat daya tahan tubuh kamu menurun, sehingga kamu akan lebih rentan terserang penyakit.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Lelah Setelah Kerja

Menurunnya Ketertarikan dalam Berlatih
Ahli kebugaran lain asal Los Angeles, Jini Cicero, mengungkapkan bahwa menurunnya ketertarikan dalam latihan juga bisa menjadi alasan bahwa tubuh telah berolahraga dalam batas maksimal. Kamu akan kehilangan semangat dan motivasi dalam berolahraga pada kesempatan selanjutnya, karena tubuh masih melakukan recovery akibat intensitas olahraga yang terlalu tinggi.

Meningkatnya Denyut Jantung Meski Sedang Beristirahat
Jantung akan bekerja lebih keras dalam memompa darah ketika kamu berolahraga. Namun, saat kamu berlebihan dalam melakukannya, otomatis kerja jantung pun akan menjadi lebih berat. Akibatnya, detak jantung tetap akan meningkat meski tubuh kamu berada dalam kondisi istirahat. Coba hitunglah denyut jantung kamu selama satu menit. Apabila jumlah denyut jantung kamu mencapai lebih dari 65 detak per menit, artinya tubuh kamu sedang kelelahan dan stres.