Tips Untuk Menjaga Kesehatan Tulang Secara Alami

Tips Untuk Menjaga Kesehatan Tulang Secara Alami

Salutemondiale.web.id – Jika berbicara mengenai tulang, maka yang ada di benak kita adalah osteoporosis atau kondisi di mana kepadatan tulang menurun sehingga rentan keropos dan retak. Jadi, ada baiknya kamu menjaga kesehatan tulang sedari dini agar tetap sehat dan kuat. Jangan anggap sepele, karena tulang sangat berperan penting untuk aktivitas sehari-hari. Berikut beberapa tips  untuk menjaga kesehatan tulang yang dapat kamu terapkan :

1. Jadikan sayuran sebagai menu sehari-hari
Sayuran merupakan salah satu makanan yang mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan tulang. Kandungan Vitamin C pada sayuran berfungsi untuk merangsang produksi sel-sel pembentuk tulang dan antioksidan mampu melindungi sel dari kerusakan. Sayur brokoli dan kubis merupakan beberapa sayur yang sangat baik untuk kesehatan tulang.

2. Kebutuhan protein sangat penting untuk kesehatan tulang
Separo penyusun tulang adalah protein. Salah satunya adalah kolagen yang berfungsi untuk menjaga agar tulang tetap lentur. Kekurangan asupan protein akan mengakibatkan penyerapan kalsium tidak optimal sehingga tulang rentan retak. Beberapa makanan sumber protein yang bisa kamu konsumsi di antaranya daging, telur, susu, keju dan ikan.

3. Penuhi kebutuhan kalsium
Selain protein, kandungan nutrisi yang berperan penting untuk kesehatan tulang adalah kalsium. Kalsium merupakan mineral yang membuat tulang tetap kokoh, selain itu mineral akan menggantikan sel-sel yang sudah tua menjadi sel-sel yang baru. Penuhi kebutuhan kalsium perhari sebanyak 1000-1100 mg perhari dengan mengkonsumsi susu, keju, telur, brokoli dan bayam, ya.

Baca Juga : Beragam Manfaat Minyak Kayu Putih Untuk Kesehatan

4. Asupan Vitamin D dan K merupakan salah satu nutrisi yang penting untuk tulang
Peranan kalsium tidak terlepas dari Vitamin D dan K. Vitamin D berperan dalam membantu penyerapan kalsium, sedangkan vitamin K berperan untuk mengaktifkan protein yang berperan dalam pertumbuhan tulang. Makanan yang mengandung vitamin D dan K di antaranya adalah susu, telur, yoghurt, kacang almond, kacang kedelai, tahu, ikan dan sayuran.

5. Jaga berat badan dengan diet sehat dan olahraga teratur
Selain makanan yang sehat, olahraga merupakan salah satu hal yang penting untuk menjaga tulang agar tetap sehat dan kuat. Kamu bisa melakukan jogging, workout, latihan beban, yoga ataupun olahraga yang kamu suka.

Related posts