Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Panas

Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Panas

Salutemondiale.web.id – Disaat musim panas datang, tentunya keadaan lingkungan akan menjadi panas akibat terik matahari yang sedang tingginya pada musim panas tersebut. Pergantian musim selalu terjadi setiap tahun. Dari ke panas ke musim hujan, dari musim hujan ke musim panas. Karena perbedaan musim itulah maka perlakuan pada tubuh juga berbeda. Tubuh akan mengalami peningkatan metabolisme pada musim panas. Untuk tetap menjaga kesehatan, ada beberapa tips nih yang akan membuat tubuhmu tetap sehat dan fit di musim panas. Yuk langsung saja kita bahas dibawah ini mengenai beberapa tips untuk menjaga kesehatan saat musim panas tiba :

1. Jaga cairan dalam tubuh, jangan sampai dehidrasi ya
Pada musim panas, metabolisme tubuh akan meningkat sehingga akan menimbulkan keringat. Saat berkeringat, cairan tubuh juga akan berkurang dan pada akhirnya akan menimbulkan dehidrasi. Dehidrasi tidak bisa dianggap sepele karena dapat menimbulkan pusing, pingsan, gangguan pencernaan, dan bahkan kematian.

2. Cukup tidur agar tubuh tetap fit
Rata-rata kebutuhan tidur orang dewasa adalah 8 jam per hari. Dengan tidur cukup 8 jam per hari, tubuh memiliki waktu untuk memperbaiki sel-sel yang rusak. Daya tahan tubuh akan terbentuk dan tubuh akan tetap fit pada musim apapun.

3. Curhat kondisi tubuh dengan aplikasi kesehatan
Saat ini semakin marak aplikasi kesehatan dengan fasilitas konsultasi dengan dokternya langsung alias anpa harus datang ke tempat praktik dokter tersebut. Saat merasakan gejala-gejala tidak enak badan, kamu bisa langsung chat, voice call, bahkan video call.

Baca Juga : Tips Menjaga Kesehatan Kulit Dari Penuaan Dini

4. Gunakan pakaian ringan berbahan katun
Musim panas membuat orang malas melakukan sesuatu karena gerah. Katun adalah bahan baju terbaik yang digunakan pada musim panas. Katun dapat menyerap keringat sehingga kita akan merasa sejuk sepanjang hari.

5. Konsumsi makanan sehat
Asupan makanan sehat adalah salah satu hal penting untuk kesehatan tubuh. Makanan yang cocok pada musim panas adalah makanan yang mengandung kadar air yang tinggi misalnya buah semangka, stroberi, atau mentimun. Untuk menambah kenikmatan buah-buahan tersebut, bisa juga lho dibuat jus.

Nah itu tadi beberapa tips menjaga kesehatan yang mudah untuk dilakukan saat musim panas agar tetap bisa menjalankan aktivitasmu seperti biasa.

Related posts