Pengobatan Untuk Penderita PTSD

Pengobatan Untuk Penderita PTSD

salutemondiale.web.id – Pengobatan Untuk Penderita PTSD, Faktor yang bisa menyebabkan seseorang mengalami PTSD adalah faktor lingkungan dan sosial, yaitu kita lihat tingkat keparahan luka psikologis yang dialami oleh orang yang bersangkutan.

Sebagai misal, semakin parah luka psikologis yang mereka alami maka akan semakin rentan orang tersebut terhadap gangguan ini.

Hal kedua yang bisa dilihat adalah lamanya kejadian tersebut berlangsung, dan kedekatan penderita dengan yang menjadi “objek” pengalaman traumatik. Sebagai misal, diperkosa berulang-ulang oleh kerabat sendiri, atau bisa jadi kehilangan pasangan dalam suatu kecelakaan, dan lain sebagainya. Semakin lama dan semaki dekat “objek” yang menjadi sumber pengalaman traumatik, maka semakin rentan seseorang mengalami PTSD.

Seseorang yang pernah mengalami langsung atau tidak langsung kejadian traumatik, pengalaman menyakitakan yang sangat parah, dan mungkin dalam waktu yang lama memiliki kecenderungan untuk lebih mudah mengembangkan PTSD.

Baca juga : Apa itu Gangguan Mental PTSD

Untuk mencegah seseorang mengalami hal ini lingkungan sosial dimana mereka tinggal sangat berperan penting, peran dukungan sosial dan lingkungan yang beratmosfer positif terhadap orang tersebut sangat mempengaruhi apakah seseorang akan mengembangkan PTSD lebih lanjut atau tidak.

Seseorang yang mendapatkan dukungan emosional dari orang-orang di sekitarnya, seseorang yang mempunyai teman untuk berbagi dan bercerita mengenai apa pengalaman traumatik yang mereka alami, dan mereka bisa menceritakan bagaimana perasaan mereka pada saat itu, cenderung akan sembuh lebih cepat jika dibanding dengan mereka yang tidak mendapatkan dukungan sosial dan emosional.

Bagi seorang korban pemerkosaan, akan lebih cepat sembuh jika dia segera mendapat pertolongan dari lingkungan sosialnya, akan sangat tepat jika melibatkan tenaga ahli dan bukan dengan cara dipojokan seperti “salah siapa memakai pakaian seksi!” dan kalimat-kalimat lain yang mirip dengan kalimat tersebut.

Pengobatan PTSD

Pada sebagian besar kasus PTSD, gejala dapat membaik setelah beberapa minggu tanpa penanganan khusus. Tetapi, lain halnya bagi pasien dengan gejala yang bertambah parah. Pasien-pasien tersebut membutuhkan langkah penanganan lebih lanjut, yaitu kombinasi terapi psikologis dan pemberian obat.

Kombinasi penanganan diharapkan dapat mengatasi gejala dengan mempelajari cara mengatasi keadaan, memperbaiki pola pikir tentang diri sendiri dan orang lain, mengatasi masalah yang berkaitan dengan pengalaman masa lalu, serta cara menghadapi gejala yang diderita atau gejala yang dapat muncul kembali.

Terapi psikologi yang diberikan meliputi:

  • Terapi perilaku kognitif atau cognitive behavioural threapy (CBT). Terapi yang biasanya dilakukan sebanyak 8 hingga 12 sesi ini bertujuan mengatasi masalah yang dihadapi dengan mengubah cara pikir dan bertindak.
  • Terapi desensitisasi gerakan mata dan pemrosesan ulang atau eye movement desensitisation and reprocessing (EMDR). Terapi dengan menggerakkan mata ke samping mengikuti gerakan tangan terapis ini bertujuan meredakan gejala PTSD. Meski demikian, belum diketahui secara jelas bagaimana cara terapi ini dapat mengatasi gejala PTSD.
  • Terapi penyingkapan (exposure therapy). Terapi ini bertujuan membantu pasien menghadapi keadaan secara efektif setelah mengalami peristiwa traumatis.
  • Terapi kelompok. Terapi ini bertujuan untuk mengatasi gejala PTSD pada diri pasien dengan cara membicarakan pengalaman traumatis bersama orang-orang lain dalam suatu kelompok yang memiliki pengalaman atau masalah serupa.

Related posts