Panduan Cara Mengatasi Bersin Yang Terus Menerus Datang

Panduan Cara Mengatasi Bersin Yang Terus Menerus Datang

Salutemondiale.web.id – Suatu hal yang akan mengganggu jika terjadi seperti Bersin merupakan situasi yang pasti dialami semua orang, terutama saat sedang terserang flu atau terpapar debu. Bersin merupakan sesuatu yang wajar sebagai bentuk respons alami tubuh terhadap pemicu-pemicu dari bersin tersebut. Akan tetapi, Anda kerap dibuat jengkel apabila bersin terjadi terus-menerus, bukan? Jika ya, bagaimana cara mengatasi bersin yang mengganggu tersebut?

Penyebab Bersin-Bersin

Bukan tanpa alasan mengapa Anda bersin-bersin. Bersin adalah kondisi yang disebabkan oleh sejumlah faktor. Mengetahui penyebab bersin menjadi penting mengingat hal ini nantinya berkaitan dengan cara mengatasi bersin tersebut.

Beberapa penyebab bersin paling umum adalah:

  • Infeksi virus atau bakteri (flu, sinusitis)
  • Reaksi alergi
  • Paparan cahaya terang
  • Udara kering
  • Olahraga berlebihan
  • Penggunaan obat-obatan (contoh: pil KB, anti-depresan, dekongestan nasal).

Cara Mengatasi Bersin Terus-Menerus

Bersin memang memberikan rasa lega, tapi juga bisa menjadi sangat mengganggu apabila terjadi secara terus-menerus. Berikut ini ada sejumlah tips atau cara mengatasi bersin tiada henti yang saat ini sedang Anda alami.

1. Vitamin C

Salah satu penyebab bersin yang paling umum adalah infeksi virus atau bakteri. Akibat terinfeksi kedua mikroorganisme “jahat” tersebut, muncullah penyakit-penyakit seperti flu dan sinusitis. Kedua penyakit yang disebabkan oleh lemahnya sistem kekebalan tubuh tersebut salah satu gejalanya adalah bersin-bersin.

Mencukupi asupan vitamin C adalah cara mengatasi bersin apabila pemicunya adalah infeksi virus atau bakteri. Vitamin C berfungsi untuk meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh sehingga virus maupun bakteri penyebab flu dapat disingkirkan.

Efektivitas vitamin C dalam melawan infeksi virus flu ini sebagaimana dituliskan dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of Pharmacy and Pharmacology. Jadi, pastikan Anda mencukupi asupan vitamin C guna mempercepat proses penyembuhan bersin.

2. Antihistamin

Selain infeksi, bersin-bersin yang Anda alami mungkin saja merupakan suatu reaksi alergi, biasanya alergi debu, serbuk sari, udara dingin, dan sebagainya.

Tips atau cara mengatasi bersin terus-menerus akibat reaksi alergi adalah dengan cara mengonsumsi obat antihistamin. Obat ini berfungsi untuk meredakan gejala alergi yang ditimbulkan, tak terkecuali bersin-bersin. Beberapa jenis antihistamin yang umum diresepkan oleh dokter seperti loratadine dan cetirizine.

3. Menghindari Paparan Cahaya

Ada sebagian orang (mungkin termasuk Anda salah satunya) yang mengalami bersin-bersin ketika terpapar cahaya terang seperti sinar matahari. Kondisi ini dinamakan sebagai bersin fotik dan dipengaruhi oleh faktor keturunan (genetik).

Tak ada cara mengatasi bersin fotik lainnya yang bisa Anda lakukan selain sebisa mungkin menghindari paparan cahaya terang. Apabila Anda mengidap bersin fotik dan sering beraktivitas di luar ruangan, menggunakan payung atau kacamata hitam akan menjaga tubuh dari paparan sinar matahari langsung.

Baca Juga : Tips Untuk Mengatasi Wasir dengan Mudah dan Cepat

4. Menghindari Polusi Udara

Polusi udara juga menjadi penyebab bersin-bersin yang paling umum dialami. Mulai dari debu, asap rokok, asap kendaraan, dan sebagainya, semuanya berpotensi mengakibatkan Anda bersin-bersin.

Cara mengatasi bersin-bersin yang satu ini adalah dengan menghindari paparan polusi udara tersebut, seperti memakai masker penutup hidung. Tak hanya mengatasi bersin-bersin, cara ini juga bertujuan untuk meminimalisir risiko sejumlah gangguan kesehatan seperti asma hingga kanker paru-paru yang berbahaya.

5. Spray Khusus Hidung

Bersin-bersin yang Anda alami diakibatkan oleh banyaknya benda asing yang masuk ke dalam hidung. Jika sudah begitu, maka salah satu cara mengatasi bersin terus-menerus yang dapat dilakukan adalah dengan menyemprotkan spray khusus hidung. Cara ini bertujuan untuk membersihkan kotoran-kotoran di hidung sebagai penyebab bersin.

Anda bisa menyemprotkan cairan capsaicin pada hidung. Cairan capsaicin memiliki fungsi untuk mematikan jaringan di hidung sehingga keinginan untuk bersin dapat dihentikan. Konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter tentang tata cara penggunaan cairan tersebut agar pemakaiannya tepat.

6. “Menggaruk” Langit-Langit Mulut

Menggaruk langit-langit mulut dengan lidah adalah tips atau cara mengatasi bersin selanjutnya yang bisa Anda terapkan.

Lakukan cara ini manakala bersin terjadi terus-menerus dan sudah sangat mengganggu dengan durasi 5-10 detik.

7. Berbicara

Mitos yang beredar selama ini mengatakan jika berbicara adalah salah satu cara mengatasi bersin terus-menerus. Hal ini didasari oleh asumsi bahwa ketika seseorang sedang berbicara, terlebih jika yang dibicarakan itu menarik, keinginan untuk bersin yang datangnya dari otak akan teralihkan.

Belum ada bukti ilmiah yang mendukung tips atau cara mengatasi bersin yang satu ini. Jika ada yang mengatakan cara ini berhasil, mungkin saja itu hanya sugesti. Tanyakan pada dokter Anda perihal cara mengatasi bersin-bersin dengan berbicara tersebut.

Related posts