Makanan Yang Dihindari & Dikonsumsi Jika Diet Keto

KETO

Berita Kesehatan – Jika anda dipusingkan oleh berat badan yang tak kunjung menurun,segala macam olahraga telah dilakukan juga tidak memberikan efek yang signifikan,mungkin boleh mencoba metode diet Keto.Diet yang menerapkan pola makan rendah karbohidrat dan tinggi lemak ini cukup mudah dilakukan. Namun ingat, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter apakah diet ini cocok untuk kondisi tubuh.

Apakah Itu Diet Keto ?

Diet keto adalah pengaturan pola makan dengan asupan karbohidrat yang sangat rendah,yaitu kurang dari 10 persen atau kurang dari 50 gram setiap hari.Dalam pola makan normal,asupan karbohidrat harian berkisar 50-60 persen,sedangkan pada diet keto hanya sekitar 5 sampai 10 persen saja  dan sisanya digantikan dengan asupan lemak dan protein.

Diet keto atau juga disebut dengan diet ketogenik berasal dari kata keton.Keton adalah senyawa kimia yang dihasilkan dari pemecahan lemak oleh hati.Biasanya energi diambil dari glukosa yang bersumber dari karbohidrat.Namun,dikarenakan rendah karbohidrat maka tubuh akan kekurangan glukosa.Alhasil secara otomatis tubuh menggunakan cadangan energi dari senyawa lainnya,yaitu lemak.

Makanan Yang Boleh Dikonsumsi

Dikutip dari Healthline, daging bisa menjadi makanan pokok jika sedang menjalankan diet keto. Sebab, daging segar dan unggas tidak mengandung karbohidrat serta kaya vitamin dan potasium. Selain itu, daging segar dan unggas merupakan sumber protein berkualitas tinggi.

Registered Dietician Sarah Jadin, seperti dilansir dari Health 24, mengungkapkan alpukat bisa menjadi pilihan menu sehari-hari. Faktanya, alpukat mengandung lemak baik dan karbohidrat bersih. Selain dibuat smoothie, alpukat bisa dimakan sebagai pendamping dada ayam panggang.

Baca juga:

Makanan Yang Dihindari

Sementara yang harus dihindari adalah makanan yang merupakan sumber karbohidrat, seperti nasi, tepung-tepungan, mie, dan roti. Faktanya, karbohidrat bisa diubah menjadi glukosa sehingga bisa meningkatkan insulin ketika asupan tersebut dikonsumsi berlebihan.

Gunakan pemanis rendah kalori seperti Diabetasol Sweetener yang mengandung 0 kalori jika ingin tetap merasakan manis. Kemanisannya tidak berubah pada suhu tinggi.

 

Related posts