Makanan Protein Tinggi Khusus Untuk Puasa

Makanan Protein Tinggi Khusus Untuk Puasa

Salutemondiale.web.id – Protein berfungsi untuk membantu sel-sel tumbuh. Ini membantu pembentukan dan penggantian sel-sel tubuh yang tumbuh atau memperbaiki sel-sel yang rusak karena suatu penyakit. Protein juga berperan dalam pembentukan otot, kulit, dan hormon.

Zat gizi protein tersedia dalam dua jenis asal sumber makanannya, yaitu protein hewani dan protein nabati. Protein hewani adalah jenis protein yang berasal dari hewan, sementara protein nabati merupakan jenis protein berasal dari tumbuh-tumbuhan. Apa saja makanan yang mengandung protein tinggi untuk mencukupi kebutuhan harian kamu? Berikut Salutemondiale.web.id memberikan penjelasannya dibawah ini:

Telur
Satu telur utuh mengandung 6 gram protein dan 78 kalori. Protein terbanyak terdapat pada bagian putih telur. Satu telur utuh ini tidak saja mengandung protein yang tinggi. Terdapat kandungan vitamin, mineral, lemak baik, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan mata serta nutrisi untuk otak.

Almon
Dalam 1 ons almon mengandung 6 gram protein dengan 161 kalori. Sama dengan telur, almon tidak saja kaya dengan protein tetapi juga mengandung serat, vitamin E, mangan, dan magnesium.

Susu
Susu merupakan sumber protein cukup besar yang dapat kamu konsumsi. Susu yang dihasilkan dari hewani memiliki kandungan protein yang lebih besar. Selain kandungan protein, susu juga mengandung kalsium, fosfor, dan vitamin B2.

Yoghurt
Yoghurt juga dapat menjadi pilihan makanan berprotein tinggi. Pilihlah yoghurt yang tanpa lemak, karena dalam satu cup kecil yoghurt tanpa lemak mengandung 17 gram protein.

Aprikot Kering
Aprikot kering memiliki kandungan lebih tinggi protein dari aprikot segar. Protein di dalam 200 gram aprikot kering mengandung sekitar 3,4 gram, sementara di aprikot segar hanya mengandung 2,8 gram.

Baca juga : Penyakit Rentan Serang Pemudik Berikut Tipsnya

Jambu
Buah jambu dapat kamu konsumsi untuk mencukupi protein harianmu. Dalam satu buah jambu mengandung 112 kalori dan 2,6 gram protein. Selain protein, buah jambu juga mengandung vitamin c, likopen dan antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah kanker.

Keju
Keju memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Dalam 1 ons keju mengandung 8 gram protein. Jangan terlalu banyak mengonsumsi keju, karena keju memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi.

Udang
Dalam 1 ons udang mentah mengandung 24 gram protein dan 99 kalori. Udang juga mengandung serat, nutrisi, serta lemak omega-3. Tidak saja udang yang memiliki kandungan protein tinggi, makanan laut lainnya juga merupakan sumber protein yang baik.

Dada Ayam
Jika kamu mampu memasak dada ayam dengan benar, kamu dapat memilihnya untuk makanan yang mengandung protein tinggi. Kadar protein yang terkandung dalam 1 dada ayam tanpa kulit yaitu sebesar 53 gram dan 284 kalori.

Daging Sapi Tanpa Lemak
Daging sapi tanpa lemak memiliki protein yang tinggi. Dalam 85 ons daging sapi dengan sedikit lemak mengandung 22 gram protein dan 184 kalori.

Tahu
Bagi para vegan, kamu dapat menggunakan tahu sebagai sumber protein untuk mencukupi kebutuhan harian. Dalam 100 gram tahu mengandung sekitar 8 gram protein.

Related posts