Beragam Manfaat Minyak Kayu Putih Untuk Kesehatan

Beragam Manfaat Minyak Kayu Putih Untuk Kesehatan

Salutemondiale.web.id – Bau khas minyak kayu putih terkadang menjadi problematika bagi beberapa orang. Namun, sebagian besar orang bisa menikmatinya. Minyak kayu putih tentu sudah akrab dengan kehidupan kebanyakan orang. Sejak kecil, ketika masuk angin, pertolongan pertama yang diberikan orang tua kita adalah minyak kayu putih. Sampai-sampai jadi terbiasa hingga dewasa. Bagaimana dengan kamu? Apa kamu penggemar minyak kayu putih juga? Tapi tahu gak sih kamu kalau manfaat minyak kayu putih ternyata banyak sekali, selain meredakan masuk angin? Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat minyak kayu putih bagi kesehatan.

1. Mengobati sakit kepala
Mengoleskan minyak kayu putih pada leher bagian belakang dan samping dapat mengobati sakit kepala. Udara segar yang terasa, dapat membuat sistem pernapasan menjadi lebih rileks. Sebaiknya cobalah cara alami ini, hindari penggunaan obat-obatan.

2. Meredakan masalah pernapasan
Menghirup uap minyak kayu putih dapat meringankan pilek, hidung tersumbat dan bronkitis. Kandungan antibakteri di dalam minyak kayu putih dapat menghilangkan bakteri pada saluran pernapasan.

Mengoleskannya ke bagian dada dan tenggorokan juga dapat meredakan gejala batuk dan pilek. Untuk penderita asma, mengoleskan minyak kayu putih ke bagian dada dapat memberi efek menenangkan pada tenggorokan sehingga dapat melebarkan pembuluh darah.

3. Sebagai aromaterapi
Stres yang terjadi dapat menghambat produktivitas kerja dan berdampak buruk bagi kesehatan. Gunakan minyak kayu putih untuk meredakan stres dengan cepat.

Minyak kayu putih akan memberikan sensasi hangat pada tubuh serta memiliki aroma lebih lembut, sehingga memberikan efek menenangkan. Sensasi aromaterapi yang ditimbulkannya dapat mengusir kecemasan dan meningkatkan konsentrasi.

4. Meredakan sakit gigi
Minyak kayu putih memiliki efek yang mirip dengan manfaat cengkeh. Minyak dari cengkeh diambil untuk meredakan sakit gigi. Caranya mudah, campurkan minyak kayu putih dengan tumbukan kunyit, kemudian oleskan pada gigi yang sakit. Atau bisa juga dengan cara meletakkan kapas yang sudah dibasahi dengan minyak kayu putih, pada gigi yang sakit. Selain meredakan sakit, ini dapat membantu membunuh banyak kuman di mulut.

5. Mengurangi gejala demam
Demam dapat diredakan dengan campuran air dingin dan beberapa tetes minyak kayu putih. Campuran tersebut digunakan sebagai kompres pada dahi. Ini akan memberi efek dingin pada tubuh.

6. Menghilangkan rasa nyeri
Minyak kayu putih memiliki efek relaksasi pada sistem saraf dan otot. Selain itu, dapat juga meningkatkan aliran darah pada area yang terasa nyeri sehingga dapat mengurangi peradangan. Apabila kamu merasakan nyeri di daerah sendi atau biasanya punggung, oleskan minyak kayu putih dan pijat dengan lembut.

Baca Juga : Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Panas

7. Mencegah infeksi pada luka
Ternyata minyak putih juga bisa mencegah infeksi pada luka, menyembuhkan dan mempercepat proses pengeringan luka. Kandungan antimikroba dan antiseptik di dalamnya membuat luka dapat terlindung dari kuman-kuman, kemudian infeksi dapat dicegah. Air bersih dicampur dengan beberapa tetes minyak kayu putih, kemudian digunakan untuk mencuci luka.

8. Mengobati Sinusitis non-bakteri
Bagi kamu penderita sinusitis non-bakteri, lakukan terapi ini untuk mengurangi gangguan kemacetan sinus dan sakit kepala berat. Campurkan minyak kayu putih pada terapi penguapan dengan air. Ketika air dimasak dan mendidih, tambahkan sekitar 20 tetes minyak kayu putih. Lalu hiruplah uap dari minyak ini.

9. Mengurangi risiko kejang dan pingsan
Kejang dapat disebabkan oleh demam tinggi dan ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kematian. Untuk mengatasi keadaan ini, cukup oleskan minyak kayu putih di bawah hidung dan di sekitar bibir.

10. Mengusir serangga dan kutu
Aroma kuat yang dimiliki minyak kayu putih dapat membuat serangga dan nyamuk jauh-jauh dari kamu. Oleskan saja minyak kayu putih ke kulitmu. Ini dapat mencegah kamu dari penyakit akibat gigitan nyamuk, seperti demam berdarah.

Kalau kamu berkutu, minyak kayu putih juga dapat mengusir kutu dari rambutmu, lho. Daripada pakai produk dengan kandungan kimia berbahaya, lebih baik pakai minyak kayu putih saja. Cukup teteskan beberapa tetes ke kepalamu, kemudian rambutmu akan bersih kembali.

Related posts